Selasa, 11 September 2018

Apa yang membuatmu tidak bisa berkreasi


Gambar: Pixabay.com

Apa yang membuatmu tidak bisa berkreasi? apakah karena sibuk dengan tugas sekolah, tugas kampus,atau apa?

Pernah gak kalian berfikir bagaimana guru bisa menjadi penulis, bagaimana guru matematika bisa hafidz qur'an, bagaimana seorang chef didapur bisa melukis, lalu apa kendala kalian? yaitu MALAS. Ada orang yang bilang Sok Sibuk padahal mereka gak terlalu sibuk, karena jaman sekarang lebih identik dengan kata LEBAY.

Ada satu hal yang kadang membuat kita lupa diri yaitu kurangnya rasa bertanggung jawab, disiplinkan diri kita, kalau gak kita siapa lagi? masa orang tua kalian?

Cara mendisiplinkan diri gimana? coba cara yang paling gampang, misalnya targetkan dalam satu hari ada 500 kata dalam word atau ada 1 lukisan yang siap, kalau gak siap gimana? hukum diri anda sendiri, misalnay tidak diperbolehkan buka Instagram 24 jam. aku yakin, jika kalian bisa melakukan itu, kalian akan sukses nantinya.

So, kamu harus bisa Disiplin dan memiliki Rasa Tanggung Jawab. jangan suka menunda-nunda, karena nanti ada yang mencuri garis start-mu.

Gapai mimpi anda dari sekarang, jangan sampai ada penyesalan nantinya!






Baca juga:
http://wirdanissa.blogspot.com/2018/09/apa-yang-membuatmu-tidak-bisa-berkreasi.html
http://wirdanissa.blogspot.com/2018/09/apa-yang-membuatmu-tidak-bisa-berkreasi.html
http://wirdanissa.blogspot.com/2018/09/apa-yang-membuatmu-tidak-bisa-berkreasi.html

Sabtu, 21 Juli 2018

Optimisme Asian Games

Pict: Wikipedia


Siapa sih yang tidak tahu tentang ajang se asia ini? Ajang yang sangat ditunggu tunggu sekali, Karena hanya sekali 4 tahun.
Pertandingan pertama Asian Games adalah pada tahun 1951, Indonesia sudah pernah menjadi tuan rumah asian games pada tahun 1962, dan di tahun 2018 Indonesia kembali menjadi tuan rumah. Ajang keren ini tentu sangat dinanti nanti oleh setiap orang, mendukung idola mereka nantinya.
Ada 45 negara yang di Asia berpartisipasi dalam ajang ini, dengan jumlah peserta kurang lebih 500 dari 40 cabang lomba.

Selama ini, Atlet atlet dari China,Jepang dan Korea lah yang menguasai, semoga untuk tahun ini dan selanjutnya Indonesia bisa menjadi The Winner

http://wirdanissa.blogspot.com/2018/07/optimisme-asian-games_21.htmlhttp://wirdanissa.blogspot.com/2018/07/optimisme-asian-games_21.html
http://wirdanissa.blogspot.com/2018/07/optimisme-asian-games_21.html


Minggu, 20 Mei 2018

The Best Ramadan Ever




Momen terspecial aku dalam bulan ramadhan adalah saat-saat mau lebaran, dimana keluarga besar akan datang ke rumah. Itu adalah momen-momen yang sangat kami tunggu-tunggu selama ini. Onangku dan keluarga datang jauh-jauh, ah aku jadi kangen sama keponakan keponakan ku yang lucu lucu dan pintar, Uniku yang masih tinggal di padang, tapi kalau kumpulnya pas sebelum lebaran, kesannya pasti lain karena apa? Karena, rumah jadi ramai oleh kedatangan kakak kakakku semuanya apalagi di traktir makan,eh.
Biasanya tiga hari sebelum lebaran, semuanya sudah kumpul kumpul dan rumah kembali ramai oleh tawa dan tangis keponakan keponakannku, hahaha.Sahur bareng, lari pagi, salat tarawih bareng, buka bareng, dan semuanya pasti selalu bareng.
Malam harinya, habis salat tarawih kami biasanya gak langsung tidur tetapi malah main, ngobrol-ngobrol, nonton, atau makan makan sama sama dulu, karena momen ini sangat jarang sekali kami lakukan.
Arfan, si keponakanku yang baru berusia 1 tahun, yang selalu nangis kalau mamanya pergi sebentar walaupun mau ke kamar, suka banget mukul-mukul lantai apalagi mukul meja, kadang aku heran gak sakit ya tuh tangan?
Adel, keponakanku yang sekarang mau naik kelas 2 sd, imut banget, pintar, rajin, dan hobinya tuh nge-game atau gak main sepeda, dan dia juga lebih pintar dariku, buktinya dia sudah bisa meng-gas motor, tapi kalau disuruh jalanin, gak dibolehin sama papa dan mamanya.
Nayla, keponakanku juga yang masih berusia 5 tahun, imut banget, pintar, dan dia hobinya tuh selfie-selfie, sampai kalah aku jadinya.
Dan rumah akan selalu ramai oleh keponakan keponakanku yang super duper ngeselin karena, Hp ku yang jadi buruannya atau gak aku disuruh ini itu yang bikin lucu, kadang belum dibolehin tidur tapi bikin kanget sama mereka semua.

Baca juga:
http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/05/beautiful-friendship-with-non-muslim.html
http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/05/a-negatif-thought-you-dont-want-anymore.html
http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/05/people-who-inspire-me.html
http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/05/the-best-ramadan-ever.html

Sabtu, 19 Mei 2018

People who inspire me



Orang yang paling mengisnpirasi yang pernah kutemui adalah Keluargaku. Karena, keluarga adalah tempat pendidikan pertama kita, keluarga adalah tempat kita saling mendukung dan keluarga adalah tempat kita saling berkeluh kesah.
Ibu, ayah, kakak, abang, dan adek saling mendukung satu sama lain. Ibuku yang selalu sabar dan selalu mendukungku, ayahku yang selalu mendukungku, abangku yang selalu siap sedia ketika aku minta tolong antarin ke gramedia, kerumah teman, tolong kirimin paket, beliin buku, dan kadang selalu menyemangatiku ketika aku ikut lomba menulis, Onangku orang yang selalu sabar mengajariku ketika aku SD. Aku ingat betul dengan dia yang selalu sabar mengajariku membaca, lalu diajaknya kita pergi main untuk refresing, orang yang selalu ada deh disaat aku lagi kesusahan, walaupun onangku ada beberapa masalah. Uniku yang selalu mendukungku, kakakku yang pertama kali mengenali aku buku cerita sehingga aku ingin menjadi penulis seperti penulis novel yang selalu aku baca, dia juga yang selalu membantuku, mendengarkan aku curhat walaupun sering dikacangin,sih. Lalu ada juga adekku yang super duper bawel banget, dia juga terinspirasi menulis tapi sayangnya dia malas sih,wkwkw.
Semua kesuksesan aku berawal dari sana, mereka selalu mendukungku dengan berbagai cara yang berbeda tetapi dengan inti yang sama. Yang penting Keluarga adalah tempat dimana segala inspirasi aku dan menjadi semangat aku ketika aku dalam keadaan putus asa.

Jumat, 18 Mei 2018

A Negatif thought you don’t want anymore




Berbicara tentang A Negatif thought you don’t want anymore tentu aku pernah mengalaminya. Ketika pikiran negative merangsang keotakku maka apa yang akan aku lakukan?tentu saja kadang aku merasa kecewa,sedih,marah,dan kesal.
Waktu itu ketika aku menulis naskah novel anak-anak membuatku putus asa dan terus berpikir negative, karena ceritaku yang selalu ditolak. Aku selalu berpikir

“Apa mungkin penerbit cuma menerbitkan naskah yang penulisnya itu itu saja? Penulis yang sudah terkenal dan punya banyak fans, punya banyak karya,” itulah yang selalu kupikirkan. Setiap aku mau menulis, pasti aku merasa takut untuk karyaku ditolak karena, jujur sebagai penulis pemula pasti ingin dapat menerbitkan karyanya dan menjadikan semuanya menjadi kenangan yang indah sehingga memiliki motivasi tetap untuk menulis. Ketika baru buka micrsoft word, kata-kata itu lagi tergiang-giang ditelingaku membuatku ragu untuk menulis dan kata-kata itu berhasil mematahkan semangatku dalam menulis.
Lambat laun, karena aku yang sudah mulai putus asa,cuma bisa nge-stalk akun-akun penulis cilik lainnya, yang selalu memposting kegiatan sehari-harinya dan hasil karya mereka. Kadang, aku ingin seperti mereka tetapi aku takut karena karyaku aka ditolak lagi.
Ketika aku melihat postingan salah satu teman penulis cilikku, aku melihat seri buku terbarunya disanalah aku bertanya-tanya dan meminta kontak editornya. Aku yang mendapatkan kontak editornya merasa bangga dan bertanya-tanya tentang hal hal kepenulisan, mungkin aku bisa terbilang banyak tanya atau bawel mungkin ya seperti itu. Disanalah aku belajar dan karena editonya baik dia membalas semua pertanyaan aku dengan sabar lalu memasukkan aku ke grup wa yang isinya semua penulis cilik. Disanalah aku belajar, saling berbagi dan share kepenulisan di grup tersebut.
Akhirnya, aku tahu kalau untuk menjadi seorang penulis pasti ada penolakan dari penerbit, karena penolakan tersebut itulah yang menjadi kunci semangat kita untuk tetap menulis dan tetap berjuang, kenapa orang bisa sedangkan kita tidak bisa?
Dari situ aku bertekad untuk selalu positive thingking, karena semuanya akan ada hikmahnya.

Rabu, 16 Mei 2018

beautiful friendship with non muslim

beautiful friendship with non muslim


Sahabat itu sejatinya selalu ada disaat senang maupun susah, selalu memahami apa yang kita lakukan, dan saling mendukung untuk segala hal yang positif.
http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/05/beautiful-friendship-with-non-muslim.html
Ah, bicara tentang sahabat, jadi ingat kalau aku ada sahabat namanya Silvya Febiola (Biasa dipanggil silsil) dan rayonnababan, kamu tahu kalau kami saling bersama disetiap acara yang ada di forum kami. Perbedaan tak menjadi penghalang bagi kami, buktinya ketika aku mau shalat kak silsil mau menungguku, tetapi ketika ada acara di hari minggu dan dia tidak bisa hadir karena harus beribadah, tak apa bagiku, karena ku mengerti kalau sesame sahabat harus saling mengerti, toleransi, dan tidak menganggu ibadah orang lain dengan tuhannya, bukankah Indonesia itu Bhinneka Tunggal Ika? Berbeda beda tetapi tetap bersatu.

“Selamat menunaikan ibadah puasa dek…Mohon maaf lahir dan batin ya,” kata kak silsil melalui chat wa-nya.
“Makasih Kak,mohon maaf lahir dan batin uga kalau misalnya aku ada salah baik disengaja maupun gak disengaja,” balasku via chat wa.
“Iya, kakak maafin kok walaupun kamu banyak salahnya,” balasnya lagi membuatku tertawa membaca chatnya.
Dari chat maaf-maafan menjadi chat Unfaedah banget.  Tapi, itulah kami tidak membedakan agama dan suku, saling tolong menolong disaat ada yang membutuhkan, saling menghargai dan saling menyayangi.
Itulah Kebhinnekaan, berbeda tetap satu. Tidak ada satupun agama yang memerintah  umatnya saling membunuh orang lain, tidak ada satupun agama yang memerintah umatnya untuk saling membedakan agama, tetapi setiap agama memerintahkan umatnya untuk saling menghargai, menolong,dan saling membantu.

http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/05/beautiful-friendship-with-non-muslim.html
http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/05/beautiful-friendship-with-non-muslim.html
http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/05/beautiful-friendship-with-non-muslim.html

Selasa, 15 Mei 2018

Sambil bernostalgia dengan 212 the movie



Sambil Bernostalgia, dengan aksi damai 212 pada tahun 2016. Dalam satu hari, disemua bioskop di Indonesia, semua tiket Sold Out semua, bahkan ada yang rela mengantre lama untuk mendapatkan tiket.
Film spiritual ini film yang digarap oleh novel karya   Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas yang berjudul 212 Cinta menggerakkan Segala menceritakan tentang Aksi Damai 2 desember 2016, tidak hanya tentang kisah biasa tetapi menguraikan tentang hubungan antar manusia dan cinta manusia dengan tuhannya.
Sukses membuat para penonton Tertawa
Awalnya yang bikin kadang kita tertawa, merasa kesal, dan tertawa lagi membuat para penonton benar-benar baper.
“Gue,Radikalis Romantis,” Ujar Adhin, sambil tersenyum sendiri.
Film ini juga mengajarkan kita tentang kehidupan
“Orang yang paling penting dalam hidup kita adalah orang-orang yang bisa bikin kita ketawa, Orang-orang yang peduli dan mau bantu disaat kita sedang butuh, orang seperti itu yang tidak boleh kita lepaskan,” kata Rahmat.
Film ini juga mengisahkan tentang arti sebuah kehidupan, walaupun kita berbeda tetapi kita tetap satu jua.
Sukses membuat para penonton nangis semua
Sebenarnya di film 212, mengisahkan tentang seorang Anak dengan Ayahnya, dimana Anak ini merasa kecewa pada ayahnya, tapi jauh didalam lubuk hatinya dia sangat sayang sekali pada ayahnya. buktinya, dibeberapa adegan tentang kekhawatiran rahmat terhadap abahnya yang tetap ikut aksi 212, kisah yang sangat mengharukan dan sukses membuatku menangis sepanjang menonton film ini.
Kelebihan
Perpaduan antara Humor dan Sad pas banget, terbukti para penonton pada baper semua. Bahkan, aku sebagai penonton tidak melihat kekuranga dalam film ini. Sukses terus untuk film dan para pemainnya. 


Sabtu, 12 Mei 2018

Grand Final Duta Nantigo 2018




Grand Final duta nantigo 2018 nantinya akan menjadi perpanjangan tangan dude untuk ikut berpartisipasi dalam mempromosikan wisata Sumatra barat khususnya kota padang.
Selain pemilihan duta nantigo,juga Lauching produk terbaru dari Lapis Minang Nantigo yaitu Nantigo Kurma. 

Sesuai namanya, produk ini dibuat dari kurma asli dan dipadukan dengan madu alami, dilengkapi dengan Nougat (potongan kacang dan caramel) yang gurih sebagai topping dan cocok untuk disantap saat berbuka puasa.

Masyarakat Sumatra barat, khususnya kota padang sudah bisa menikmati Nantigo Kurma dengan harga special Rp.55.000,00 dan produk Dinanti (Nan Uniang,Nan Utiah,dan Nan Itam) yang sebelumnya dibandrol dengan harga Rp.65.000,00 menjadi Rp.45.000,00. Untuk Produk Regular (Nantigo Chocolate, Nantigo Cheese, Nantigo Red Velvet dan Nantigo Greentea) masih bisa dinikmati dengan harga normal
.
Para finalis Duta Nantigo tersebut adalah Celine Framesty, M.Sawal Nur, Egi Ismemet, dan Hidayatul Annisa. 5 kriteria yang akan dinilai adalah Brain, Beauty, Behaviour, talent, and communication.
Juri untuk pemilihan duta nantigo berasal dari Dinas Pariwisata Kota Padang yang diwakili oleh Pak Ade, Public Speaker Cut Dona Kordelia, dan dari Lapis Nantigo itu sendiri yang diwakili Andi Sofyan, selain itu dihadiri juga oleh Tomy Kurniawan yang mewakili kehadiran pemilik lapis nantigo, Dude Harlino.

Pemenang Duta Nantigo 2018 yaitu Egi Ismemet dengan total nilai 4,04 dan Pemenang Duta Nantigo Favorit 2018  dengan para supporter yang aktif, kreatif,dan inovatif membuat Hidayatul Annisa menjadi juara favorit nantigo 2018.



Tomy Kurniawan juga akan melayani langsung penggemarnya yang berbelanja di Lapis Minang Nantigo sebanyak dua kali yakni jam 12.00 dan 15.00 dengan masing-masing selama satu jam.


Minggu, 08 April 2018

5 perilaku lebah yang dapat dicontoh oleh anak jaman now

5perilaku lebah yang dapat dicontoh oleh anak jaman now
Anak jaman now adalah sebutan bagi anak jaman sekarang yang sudah mengikuti kebiasaan, baik kebiasaan luar negeri atau dalam negeri.
Seiring perkembangannya zaman modern sekarang, banyak perilaku anak jaman sekarang yang sangat menyimpang baik secara agama,pendidikan,maupun social. Salah satunya adalah dampak negative dari teknologi.
Anak jaman sekarang yang baru berumur 3 tahun sudah diberikan handphone, sedangkan anak jaman dulu baru sma mungkin baru dapat handphone atau bahkan ketika kuliah mereka baru bisa mendapatkannya.
Kamu tahu lebah? Hewan yang dapat menyegat orang kalau ada yang menganggunya. Lebah diciptakan juga untuk membantu manusia ke ajaran yang lebih baik. Lebah juga memiliki sifat yang bisa ditiru oleh anak jaman now.
5 sifat lebah yang dapat ditiru oleh anak jaman now yang sudah dijelaskan dalam surah An-Nahl ayat 68-69.

1.Lebah suka dengan lingkungan yang baik
Nah, untuk menjadi remaja yang baik, carilah lingkungan yang baik yang dapat menyeretmu kedalam kebaikan, bukan untuk menyeretmu kepada kejahatan.
Contoh: jika kamu ingin berhijrah ke jalan yang baik, maka kamu pasti akan mendekati orang-orang yang baik pula untuk belajar,  jika kamu dekat dengan mereka maka kamu sudah dianggap baik oleh masyarakat sekitar bahkan bisa menumbuhkan semangatmu untuk berhijrah.

2.Makanlah makanan yang halal dan thoyyiban
Mengapa rumah sakit di arab Saudi, pasiennya sedikit? Karena, mereka memakan makanan yang baik. Jika kamu memakan makanan yang baik, maka kamu tidak akan pernah terserang penyakit, kamu akan sehat selalu, itulah mengapa lebah  tidak pernah masuk rumah sakit, karena dia memakan makanan yang sudah diperintahkan oleh allah yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran.

3.Lebah tidak pernah merusak lingkungan
Jika lebah sedang mencari makanan, jika ketemu ranting yang patah, maka lebah biarkan saja, tidak pernah lebah mematahkan ranting tersebut. Begitupun dengan kita, jika kita berada di lingkungan, janganlah kita merusak lingkungan, karena lingkungan seharusnya kita jaga, rawat bukan untuk kita rusak.

4.Jadilah orang yang bermanfaat ditengah-tengah kumpulan orang
Jangan sampai jika ada kita, orang akan menjadi tambah sulit, masalah tambah banyak, seharusnya jika ada kita maka masalah dapat terselesaikan dengan mudah, orang menjadi bahagia. Jadilah yang bermanfaat di tengah-tengah masyarakat, karena ilmu itu wajib dibagikan kepada semua orang.
Contoh: Lebah menghasilkan madu, dan madu baik untuk kesehatan. Dan dengan madu juga, kita bisa mendapatkan uang. Begitupun dengan kita, ada kita orang akan senang dan jangan sampai jika ada kita orang akan sakit kepala.

5.Janganlah menganggu, jagalah persatuan kita.
Lihatlah lebah, dia tidak pernah mengusik yang lain, tetapi ketika dia diusik, maka mereka berbondong-bondong untuk membela temannya, begitupun dengan kita. Kita jangan pernah menganggu orang lain, tetapi ketika kita diganggu, ketika itu sudah termasuk melanggar baik di segi agama, pendidikan,social,dan lainnya, maka kita tidak boleh tinggal diam. “Lakum dinukum waliyadin, untukmu agamamu dan untukku agamaku.”
Jadilah seperti lebah, yang mengikuti semua perintah tuhan dan tidak pernah melanggarnya.
Bagaimana? Apakah kita sudah termasuk antara kelima sifat itu? Marilah ubah prilaku kita untuk menjadi yang lebih baik. Kita boleh mengikuti trend masa kini, tetapi jangan sampai menyimpang terhadap agama, pendidikan, social,dllnya. Kita boleh memakai handphone, tetapi gunakanlah untuk hal yang bermanfaat.
Jadilah generasi yang cerdas, karena kitalah yang akan memajukan negeri ini, jika bukan kita siapa lagi? Negeri kita sudah dijajag melalui teknologi yang membuat kita menjadi malas, oleh karena itu hilangkanlah rasa malas kita dan mari membentuk karakter yang baik yang bisa membanggakan negeri kita ini untuk kedepannya.


Sabtu, 31 Maret 2018

Stop smoking, do positive things


Stop Smoking, Do positive things
Talk show Indonesia keren tanpa rokok 2018 ini bertujuan untuk mengajak anak anak dan remaja menjauhi rokok.Kalangan pelajar lebih mendominasi daripada orang tua.


Yang mempengaruhi remaja sekarang untuk merokok adalah Pergaulan dan Iklan rokok. Dalam iklan rokok ada sesuatu yang mempengaruhinya yaitu yang pertama yaitu Subliminal Advertising pesan bawah sadar yang diberikan oleh iklan rokok yang beredar. Yang kedua, karena didalam rokok diberikan gaya hidup terhadap penggunanya.Sedangkan cara mencegah agar para remaja sadar tentang bahaya rokok sebenarnya. Usaha yang dapat dilakukan adalah membentuk komunitas Remaja Anti Rokok,untuk mengajak teman-temanmu menjauhi rokok. Kegiatan selanjutnya yaitu, melarang iklan rokok beredar terutama dikawasan lingkungan sekolah.  Kegiatan ini sudah terlaksanakan di kota padang.

Hasil talk show ini membuktikan bahwa Pergaulan dan iklan rokok yang sangat mempengaruhi remaja sekarang, dan untuk mencegah hal tersebut terjadi, bentuklah komunitas anti rokok dan pandai—pandailah dalam memilih pergaulan.
Kata kunci:Iklan Rokok,Subliminal Advertising,Pergaulan remaja.


Harapan Wirda kedepannya yaitu: Moga remaja sekarang lebih pintar dalam memilih pergaulannya, lebih berpikir lagi tentang dampak rokok yang sebenarnya, dan moga remaja Indonesia dalam jangka waktu dekat tidak ada lagi yang merokok.




Stunting?Yuk cegah stunting mulai sekarang


Jumat, 23 Maret 2018

Dampak dan akibat masalah gizi anak balita



Dampak dan akibat masalah gizi anak balita adalah merupakan permasalahan terbesar yang harus kita hadapi.
Dampak masalah gizi anak balita dalam waktu jangka pendek dan jangka panjang adalah:
1)Jangka Pendek, kekurangan gizi menyebabkan gangguan kecerdasan dan tidak optimalnya ukuran fisik tubuh serta gangguan metabolisme
2)Jangka Panjang, Kekurangan gizi menyebabkan menurunya kapasitas intelektual,Meningkatkan risiko penyakit tidak menular (Diabetes mellitus, hipertensi,jantung koroner,struk,dan lainnya).

Akibat kekurangan gizi mengancam pertumbuhan anak, seperti gagal tumbuh,gangguan perkembangan otak,dan gangguan metabolisme tubuh.


http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/03/dampak-dan-akibat-masalah-gizi-anak.html

Jumat, 09 Maret 2018

Mengapa saya harus menulis

Mengapa saya harus menulis? Banyak pertanyaan yang ada dibenak kita tentang “Kenapa saya harus menulis?”.

Menulis sama dengan menceritakan rangkaian kisah kita baik sedih ataupun senang kepada semua orang atau menjadi rahasia pribadi kita (Diary). Menulis kadang juga dapat menghibur kita tersendiri. Lalu,Mengapa kita harus menulis?
* Kita menulis untuk orang lain. Banyak penulis yang menulis dengan tujuan bagi pembacanya bisa senang, Bisa bahagia, Bisa tersentuh hatinya apalagi jika mereka berubah setelah membaca tulisan kita.Berapa banyak pahala yang dapat kita rasakan?.
*Kita menulis untuk diri kita pribadi. Banyak penulis yang hanya pandai menuliskan rangkaian kata yang ada dalam otaknya tetapi tidak bisa melakukannya.
Contoh: Katanya, Pacaran itu tidak baik tetapi dia sendiri pacaran. Katanya, Bully itu tidak baik tetapi dia sendiri yang melakukan tindakan pembullyan.

Ingat, teman Royalti adalah hadiah yang diberikan untuk kita karena, kita sudah berusaha kerja keras untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Jangan Menulis karena Royalti tetapi menulislah karena Orang lain dan diri kita sendiri.

http://wirdanissa.blogspot.co.id/2018/03/mengapa-saya-harus-menulis.html